Senin, 01 Februari 2010

Mempercepat Waktu Booting

Alow bro... Tadi pagi saya barusan baca buku yang isinya tentang Modifikasi komputer, yaitu "mempercepat waktu booting" hemmn.. Menarik juga. Sebenarnya seh udah biasa saya praktekkan (Jaim Geto..hehehhe..). Cuma pas sehabis baca bukunya, tiba-tiba muncul ide untuk membagikan Ilmu ini buat teman-teman yang blom tau caranya dan masih newbie seperti saya. Baik banget yach.??huehheeh.. Tapi buat para senior yang sudah tau silahkan lewatkan saja postingan ini. Tanpa panjang lebar kita kupas aja langsung (buah kale...heeehehhe).

Mengurangi Start up Dengan Msconfig
Tidak sedikit dari kita yang sering mengeluh tentang lambatnya booting pada saat komputer kita jalankan. waktunya berkisar antara 2 sampai 3 menit atau bahkan lebih. Sesungguhnya ada beberapa program yang secara otomatis dijalankan oleh windows pada saat komputer dinyalakan namun sebenarnya tidak semua program-program yang ada pada starup harus dijalankan bersamaan dengan di jalankannya windows. program-program tersebut akan membuat memori RAM anda penuh dan sangat berpengaruh pada sistem booting.



Semakin banyak program-program yang dieksekusi secara otomatis saat starup windows maka pada waktu booting anda akan bertambah lama. Agar anda dapat menghemat kapasitas RAM dan waktu booting anda juga semakin cepat, kurangilah program-program yang dijalankan pada saat starup. Caranya:

  1. Masuklah ke menu run dengan mengklik menu -> start -> run
  2. Pada tab open ketikkan msconfig kemudian klik OK
  3. Akan muncul jendela system configuration Utility, kliklah pada menu starup


  4. Dalam tabulasi "starup" akan ditampilkan program-program yang dijalankan secara otomatis pada saat starup windows.
  5. Pada kolom "starup" item terdapat pada nama-nama program. Program dengan tanda checklist adalah program yang dijalankan secara otomatis pada saat windows dijalankan.



  6. Kolom command menunjukan lokasi dari program-program tersebut berada. Matikan item-item dengan cara menghilangkan tanda checklist pada checkbox pada aplikasi yang anda rasa tidak perlu untuk dijalankan secara otomatis oleh windows seperti winamp, realplayer, printer, nero dan program-program lain yang tidak begitu penting.
  7. Jika sudah klik APLY lalu klik OK.
  8. Restart komputer anda lalu bandingkan hasilnya.
Nah gimana bro.. mudah kan..? kalau masih bingung baca kembali biar hapal. huehhehehe. Atau tinggalkan komentaer di bawah. Dengan senang hati saya akan berbagi sesuai kemampuan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Comments