Senin, 22 Februari 2010

Modifikasi Windows XP Berbahasa Indonesia (Episode 1)


Pernahkah anda melihat komputer yang mengggunakan bahasa indonesia? klo saya sendiri "iya" sudah pernah. Untuk pertama kalinya saya melihat komputer tersebut itu adalah di rumah saya pas sehabis modifikasi windows xp yang ada di komputer saya beberapa tahun lalu (huehheehe).

Kali ini saya akan berbagi sedikit trik bagaimana memodifikasi windows xp berbahasa Indonesia atau memodifikasi windows menjadi teks dengan bahasa atau kalimat anda sendiri, namun perlu diketahui bahwa tidak semua teks dalam komponen windows dapat anda rubah. Yang dapat anda rubah hanyalah teks yang

terdapat pada kotak dialog, pesan error dan menu. Tapi untuk postingan kali ini kita akan memodifikasi teks pada kotak dialog windows dulu. Dan untuk modifikasi teks pada pada menu windows akan dibahas pada postingan berikutnya.
Modifikasi teks pada kotak dialog windows caranya sebagai berikut:
  1. Anda harus memodifikasi file shell32.dll yang terletak dalam folder C:\windows\system32.
  2. Buatlah folder baru disembarang tempat, milsalnya D:\ dan beri nama backup.
  3. Kemudian copy file shell32.dll tadi dan paste ke folder backup yang baru anda buat tadi. Ini dilakukan agar anda sudah mempunyai file backupnya apabila windows anda crash atau error saat melakukannya.
  4. Bukalah program Resource Hacker, kalau belum punya silahkan download dulu di sini lalu klik open, cari file copy-an shell32.dll yang terdapat dalam folder backup anda. kemudian klik open.
  5. Tentukan kotak dialog yang ingin anda edit, ambil saja contoh anda ingin mengedit kotak dialog yang terdapat pada menu run. Caranya klik dua kali menu dialog lalu klik dua kali 1003, kemudian klik 1033 maka akan muncul kotak dialog run.


  6. Kemudian klik teks yang ingin anda ganti tulisannya. Misalnya teks "cancel", lalu klik kanan dan pilih menu edit control, maka akan muncul pop up.


  7. Ubahlah teks yang terdapat pada tab caption sesuka anda (yang diberi tanda panah). Anda bisa mengubah tulisan cancel menjadi "batal" atau menjadi "gak jadi ah" atau terserah anda tetapi harus anda ingat bahwa jumlah karakter teks tidak boleh jauh berbeda dengan jumlah teks aslinya. Karena jika terlalu panjang teks tidak akan muat pada kotak dialog.
  8. Kalau sudah klik OK lalu klik compile script yang terletak pada bagian atas jendela resource hacker. Anda bisa mengedit teks yang lain dengan cara yang sama. dan jangan lupa untuk mengklik compile script setiap kali anda selesai mengedit.


  9. Anda bisa merubah teks yang terdapat pada kotak-kotak dialog lainnya. Anda hanya tinggal membuka menu demi menu kemudian pilihlah kotak dialog yang ingin anda edit. Misalnya kotak dialog yang muncul pada saat anda akan menghapus sebuah file, dapat anda temukan pada menu dialog --> 1011 --> 1033 dan begitu seterusnya. Setiap folder angka yang ada disana (1003 - 32885) berisikan kotak-kotak dialog yang terdapat dalam windows yang semuanya dapat anda edit/rubah teksnya.
Pokoknya.. puas-puasin deh pakenya...Klo belum puas saya tungguin deh sampai anda puas. Huehehhee.. Anda puas... Kami lemas... Huehehhehe lagi...

Kemudian teks-teks yang telah anda modifikasi tersebut belum terpasang ke system windows, sehingga kotak dialog pada windows anda belum mengalami perubahan. untuk menerapkan hasil yang telah anda buat kedalam sistem windows, ikutilah langkah-langkah berikut ini:
  1. Setelah puas dengan Edit-mengedit kotak dialog tadi saatnya menyimpan file shell32.dll yang telah anda edit tadi dengan meng-klik menu file --> save pada jendela resource hacker. Perlu anda ketahui sebelum anda mulai mengedit file shell32.dll tadi, secara otomatis resouce hacker membuat backup file shell32.dll anda dengan nama shell32_original. klo ga percaya liat aja sendiri...heeee...
  2. Jika sudah tutup program resource hacker.
  3. Restart komputer anda lalu masuklah ke save mode. Tau kan cara masuk ke save mode...?
    (Bagi yang belum tau, caranya adalah: restart komputer anda dengan cara menekan tombol F8 pada keyboard secara berulang-ulang sebelum layar boot screen ditampilkan pada komputer sampai muncul menu-menu pilihan. Kemudian pilih menu save mode menggunakan keyboard anda lalu akan muncul pertanyaan dan jawab dengan yes/enter.)
  4. Setelah masuk ke save mode cari file shell32.dll yang terdapat dalam folder C:\windows\sytem32
  5. Ubahlah file shell32.dll menjadi shell32.bak
  6. Jika sudah carilah file shell32.dll yang telah anda edit dengan resource hacker tadi. Lalu copy dan paste kedalam folder C:\windows\sytem32.


  7. Restart komputer anda dan lihat hasil modifikasi anda.
Mudah bukan memodifikasi windows xp?

Dan untuk modifikasi teks pada pada menu windows akan kita bahas pada postingan berikutnya yaitu Modifikasi Windows XP Berbahasa Indonesia (Episode 2) <--- aja...="" blink="" kayak="" sinetron="">

Cukup sekian dulu. kalau ada pertanyaan, silahkan tingalkan komentar anda. Dengan senang hati saya akan berbagi sesuai kemampuan.

Selamat mencoba..!!!

9 komentar:

  1. dulu saya seneng banget ma registry sampe hafal windows 98
    kalau xp gak pernah nyoba sejak jadi ketagihan blogging :D
    melupakan deh yg kek gini
    makasih ya :)
    membangkitkan semangat lama

    BalasHapus
  2. Makasih kembali Mas..!! Tapi Mas Doyok hebat donk bisa hafal Win98..:D

    BalasHapus
  3. Sy dulu jg suka bgt ngubah tampilan dan menu windows pake Resource Hacker,,tp skrg lbh suka oprek tampilan blog hehe,,biar tambah bnyk earningnya(dasar matre) mksh infonya nanti sy coba lg deh

    BalasHapus
  4. Wah, kl saya katro bgt Boss, ngeblog aja pake hp.

    Salam kenal....

    BalasHapus
  5. @kolom ponsel: bisa aja gan..!!eehheehe salam kenal balik. tx

    BalasHapus
  6. Menarik juga kayanya..suatu saat bisa dicoba nih :)

    BalasHapus
  7. dulu teman saya di jakarta mengubah tampilan Windowsnya ke Bahasa Sunda...buaaah...gila, pas dia keluar semua orang jadi bingung karena tidak semua bisa pake komputer peninggalannya..hehehe

    btw, nice info..mau coba2 ganti perintah XP di komputerku pake bahasa Makassar..:)

    BalasHapus
  8. @ipul: ahahahha.. Lanjutkan mi ces.. pake bahasa Makassar bisa tonji.

    BalasHapus

Recent Comments