Rabu, 31 Maret 2010

Modifikasi Windows XP Bahasa Indonesia (Episode 2)


Cukup lama juga blog ini tidak saya update. Karena kesibukan di dunia nyata yang membuat saya hampir lupa kalau dunia internet juga punya peran penting dalam kehidupan saya dan tidak mungkin untuk ditinggalkan. Dimana dunia internet ini telah memberi saya begitu banyak pengetahuan yang tidak saya dapatkan di tempat yang lain dan mungkin ini merupakan alasan yang paling tepat untuk tidak meninggalkannya.

Namun apalah guna ilmu yang kita dapat, jika ilmu tersebut hanya menjadi milik kita sendiri. maka dari itu, pada postingan ini saya juga ingin memenuhi janji untuk berbagi dengan anda cara mudah Modifikasi Windows XP Bahasa Indonesia (Episode 2)
sebagaimana telah saya janjikan pada postingan yang lalu.

Memodifikasi teks pada kotak dialog windows telah kita bahasa pada postingan yang lalu. Jika anda belum membacanya, saya sarankan baca dulu Modifikasi Windows XP Bahasa Indonesia (Episode 1). Karena akan lebih mudah tulisan ini anda pahami jika telah membaca tulisan tersebut. Dan pada postingan kali ini yang kita bahas adalah modifikasi teks pada menu windows dan mengedit teks pada string table. Hmmnnn.. Gimana..? sudah siap? (jawab dalam hati aja..huehhehehe)

Modifikasi teks pada menu windows
Setelah anda puas mengedit teks pada kotak dialog pada postingan yang lalu, kini saatnya anda memodifikasi teks yang terdapat pada menu pop up dan menu command yang terdapat dalam windows. Anda dapat mengganti teks refresh menjadi "segarkan" atau yang lainnya. Saat anda mengklik kanan mouse anda pada desktop maka akan muncul menu command, menu-menu yang terdapat yang terdapat dalam menu command tersebut itulah yang dapat anda ganti dengan teks atau kata-kata anda sendiri.

Mungkin saat ini jendela Resource Hacker belum anda tutup. Kalau belum punya silahkan Download Resource Hacker <--- blink=""> di sini. Dan berikut cara memodifikasi teks pada menu:

  1. Buka program Resource hacker anda, klik file --> Open, kemudian cari file copy-an shell32.dll yang terdapat dalam folder backup yang sudah anda simpan. kemudian klik open.
  2. Klik dua kali menu "menu" kemudian klik 196 --> 1033. Edit teks cancel pada menu pop up. ubahlah teks "cancel" menjadi "batal" atau dengan teks anda sendiri, terserah anda.

  3. Cara mengganti teks pada menu "menu" ini berbeda dengan cara mengganti teks pada menu dialog. Untuk mengganti teks dalam menu "menu" ini lihat jendela script dan cari teks yang terdapat dalam tanda petik. Teks yang terdapat dalam tanda petik itulah yang dapat anda rubah sesuka anda.


  4. Teks yang terdapat dalam tanda petik (yang saya blok) sebelumnya bertuliskan "cancel" kemudian saya ubah menjadi "ga jadi". Anda dapat mengeditnya dengan kata-kata anda sendiri selama jumlah karakter tidak jauh berbeda dengan jumlah karakter aslinya.
  5. Klik tanda kurung --> [ ] yang terdapat pada jendela preview untuk melihat hasilnya.


  6. Anda dapat mengedit teks menu-menu yang lain, cukup hanya dengan membuka folder-folder dari folder 198 sampai folder 501. Wow.. lumayan banyak tuh yang mau diedit. Huhuhu...
  7. Contoh lainnya, kita akan mengganti teks refresh yang terdapat pada menu command yang muncul saat kita mengklik kanan mouse. Klik menu "menu" lalu klik folder 215 --> 1033 kemudian cari tulisan refresh yang terdapat dalam tanda petik. Tarik scroll kebawah.


  8. Ganti teks "refresh" menjadi "segarkan", kemudian klik compile script dan lihat pada jendela preview.




Perlu anda ingat, teks yang boleh anda rubah hanya teks yang terdapat di dalam tanda petik. Jangan sekali-kali merubah teks yang ada di luar tanda petik. Karena dengan merubah teks yang ada di luar tanda petik, anda akan merubah script dan akan menyebabkan error.

Jangan tutup dulu jendela resource hacker anda karena modifikasi teks belum berakhir sampai di sini..huhuhuh...

Mengedit teks pada string table
Teks yang terdapat pada string table adalah teks-teks yang pesan error atau teks peringatan. Cara mengedit pada menu string table ini sama dengan cara mengedit teks pada menu "menu", yaitu dengan mengubah teks yang terdapat dalam tanda petik yang terdapat dalam folder 4 sampai folder 2161.


Penting:
Walaupun anda diperbolehkan mengganti teks yang terdapat dalam tanda petik, namun ada beberapa karakter yang tidak boleh anda rubah atau hapus. Karakter tersebut adalah:
  • %d.%d
  • %s
  • \\0
  • \\
  • %2!Ls
  • \n\n (script untuk enter)
  • %1!
  • %
  • %1!Ls
  • ( )
  • &
Karakter-karakter tersebut merupakan karakter script spesial. Jika anda rubah maka format teks anda bisa salah kaprah. Lebih baik anda jangan mengubah kode-kode aneh dan asing yang tidak anda kenali. Tapi kalau anda masih bandel, yaa.. terserah deh...!!! dua tangan kuangkat untukmu huehhehe..

Cara menerapkan
Kemudian teks-teks yang telah anda modifikasi tersebut belum terpasang ke system windows, sehingga kotak dialog pada windows anda belum mengalami perubahan. untuk menerapkan hasil yang telah anda buat kedalam sistem windows, ikutilah langkah-langkah berikut ini:
  1. Setelah puas dengan Edit-mengedit kotak dialog, kotak menu dan kotak string table tadi saatnya menyimpan file shell32.dll yang telah anda edit tadi dengan meng-klik menu file --> save pada jendela resource hacker. Perlu anda ketahui sebelum anda mulai mengedit file shell32.dll tadi, secara otomatis resouce hacker membuat backup file shell32.dll anda dengan nama shell32_original. klo ga percaya liat aja sendiri...heeee...
  2. Jika sudah tutup program resource hacker.
  3. Restart komputer anda lalu masuklah ke save mode. Tau kan cara masuk ke save mode...?
    (Bagi yang belum tau, caranya adalah: restart komputer anda dengan cara menekan tombol F8 pada keyboard secara berulang-ulang sebelum layar boot screen ditampilkan pada komputer sampai muncul menu-menu pilihan. Kemudian pilih menu save mode menggunakan keyboard anda lalu akan muncul pertanyaan dan jawab dengan yes/enter.)
  4. Setelah masuk ke save mode cari file shell32.dll yang terdapat dalam folder C:\windows\sytem32
  5. Ubahlah file shell32.dll menjadi shell32.bak
  6. Jika sudah carilah file shell32.dll yang telah anda edit dengan resource hacker tadi. Lalu copy dan paste kedalam folder C:\windows\sytem32.


  7. Restart komputer anda dan lihat hasil modifikasi anda.
Mudah bukan memodifikasi windows xp?

Oiya satu lagi... Untuk anda malas atau tidak punya waktu untuk memodifikasi satu persatu teks-teks tersebut, di sini saya sudah menyediakan file shell32.dll yang sudah diedit sebagai hadiah buat anda yang membaca postingan ini sampai selesai. Tinggal sedot aja di sini --> Download Shell32.dll gratis.

Cukup sekian dulu ya..!? kalau ada pertanyaan, silahkan tingalkan komentar anda. Dengan senang hati saya akan berbagi sesuai kemampuan.

Selamat mencoba..!!

7 komentar:

  1. Wah mantep nih.. tapi Enakan bahsa inggris, bisa sekalian belajar!hehehehe. Tx sob!

    BalasHapus
  2. @akhatam: sama2 bro..
    @nowGoogle.com Adalah Multiple Search Engine Popular: thanks balik dan salam kenal juga..!!

    BalasHapus
  3. Busyett... penjelasannya detil banget, sederhana dan mudah untuk di pahami, mantap2...

    BalasHapus
  4. @kolom ponsel: Alhamdulliah.. jika mmg sprti itu bro.. karna itu mmg tujuan kita. Tx

    BalasHapus
  5. mantab banget tutornya dan lengkap

    BalasHapus
  6. wah2...sekalinya ng-blog artikelnya bagus nih.
    nice inpoh sob...nanti tak coba deh

    BalasHapus

Recent Comments